Resep Membuat Bika Ambon Bersarang Yang Empuk Dan Menggoda


Resep Membuat Bika Ambon Bersarang Yang Empuk Dan Menggoda

Resep Membuat Bika Ambon Bersarang Yang Empuk Dan Menggoda

Selamat datang para pecinta kuliner! Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang resep membuat Bika Ambon Bersarang yang empuk dan menggoda. Bagi yang belum tahu, Bika Ambon merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal namun empuk, serta rasa manis yang sangat lezat. Nah, kali ini kami akan memberikan panduan cara membuat Bika Ambon bersarang yang empuk dan menggoda sesuai dengan resep aslinya. Yuk, simak ulasannya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

BahanJumlah
Tepung terigu protein sedang250 gram
Santan kental200 ml
Gula pasir200 gram
Telur ayam4 butir
Fermentasi tape singkong100 ml
Soda kue1 sendok teh
Pewarna makanan kuningsecukupnya

Selain bahan-bahan diatas, pastikan juga anda sudah menyiapkan alat-alat seperti: Loaf pan ukuran 20x10x7cm, kain kasa bersih, dan oven.

Cara Membuat Bika Ambon Bersarang yang Empuk dan Menggoda

Berikut adalah tahap-tahap pembuatan Bika Ambon Bersarang yang empuk dan menggoda. Simak baik-baik ya!

Tahap Pertama

Pertama-tama, campurkan santan kental dan tape singkong dalam satu wadah. Selanjutnya, aduk kedua bahan tersebut secara merata hingga benar-benar tercampur. Setelah itu, saring campuran santan dan tape tersebut hingga terpisah dari ampasnya.

Simpan cairan hasil saringan tadi di dalam wadah, pastikan wadah tersebut tertutup rapat dan diamkan selama 1 hari. Setelah itu, biarkan selama 2 jam hingga terbentuk lapisan kental diatasnya. Pisahkan antara cairan di bawah dan lapisan kental di atas, simpan kedua hasil pemisahan tersebut di wadah terpisah.

Tahap Kedua

Ambil 2 butir telur ayam kemudian pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Kocok putih telur hingga mengembang dan berjejak, kemudian sisihkan sementara.

Campurkan gula pasir dengan kuning telur, aduk hingga larut dan rata. Selanjutnya, masukkan bahan hasil saringan santan dan tape tadi ke dalam campuran kuning telur dan gula pasir tadi sambil diaduk rata.

Kemudian, masukkan juga tepung terigu sedikit-sedikit dan aduk rata hingga tidak terdapat gumpalan. Setelah itu, masukkan putih telur dan aduk hingga tercampur rata.

Tahap Ketiga

Tambahkan soda kue ke dalam campuran adonan, aduk rata hingga merata. Selanjutnya, bagi adonan menjadi 2 bagian dengan perbandingan 1 bagian lebih banyak dari yang lain.

Pada bagian yang lebih banyak tadi, tambahkan pewarna makanan kuning secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur merata.

Tahap Keempat

Olesi loyang dengan minyak agar Bika Ambon tidak lengket. Kemudian, taruh kain kasa bersih di dalam loyang tersebut.

Pada bagian pertama loyang yang terdapat kain kasa tersebut, tuang adonan kuning sedikit demi sedikit sambil dipukul-pukul loyang. Tulis Kutipan

Setelah itu, tuang adonan putih secukupnya di atas adonan kuning tadi. Kemudian, tuang lagi adonan kuning secukupnya dan lanjutkan lagi dengan adonan putih hingga adonan habis.

Tahap Kelima

Taruh loyang tersebut ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius dan panggang selama kurang lebih 45 menit atau sampai matang. Pastikan dalam proses pemanggangan tidak membuka pintu oven terlalu sering agar suhu di dalam oven tetap stabil. Akan mengakibatkan kue tidak matang dengan sempurna.

Penutup

Nah, sekarang Bika Ambon Bersarang yang empuk dan menggoda sudah siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk menaburkan Gula bubuk diatasnya agar lebih terasa nikmatnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat Bika Ambon Bersarang yang empuk dan menggoda!


Post a Comment

Previous Post Next Post