Panduan Membuat Aneka Kerajinan Tangan Dari Bahan Kain Perca


Panduan Membuat Aneka Kerajinan Tangan Dari Bahan Kain Perca



Panduan Membuat Aneka Kerajinan Tangan Dari Bahan Kain Perca

Membuat kerajinan tangan dari kain perca menjadi tren DIY (Do It Yourself) yang sedang populer. Kain perca merupakan sisa-sisa kain dari produksi pakaian yang biasanya dijual dengan harga yang murah. Selain ramah lingkungan, membuat kerajinan tangan dari bahan kain perca juga dapat menghemat pengeluaran. Jangan khawatir, membuat kerajinan tangan dari bahan kain perca tidak sesulit yang Anda bayangkan. Mengikuti beberapa langkah di bawah ini, Anda dapat membuat aneka kerajinan tangan cantik dari bahan kain perca dengan mudah.

Cara Membuat Tas Dari Bahan Kain Perca

Tas dari Kain Perca

Tas merupakan aksesori yang sangat diperlukan oleh siapa saja, baik untuk beraktivitas sehari-hari maupun untuk acara-acara tertentu. Hasil karya satu ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Berikut adalah langkah-langkah membuat tas dari bahan kain perca:

  1. Pilihlah beberapa potongan kain perca dengan motif yang beragam dan padu-padankan sesuai selera.
  2. Atur potongan kain dengan menempelkannya satu sama lain dengan lem atau bantu jahit.
  3. Setelah itu, bentuk potongan-potongan kain pada kertas sebagai acuan. Pukul-pukul kain perca sampai rapi, baru potong bentuk tas sesuai yang telah ditandai pada kertas.
  4. Jahitlah pada sisi-sisi tas menggunakan mesin jahit atau jahit tangan.
  5. Buatlah tali tas dari kain yang serasi dengan model tas yang dipilih. Potong kain tersebut dan jahit kain tersebut pada sisi atas dan bawah atas dari tas.
  6. Terakhir, pasang kancing pada tempat yang sesuai dengan model tas yang dibuat.

Cara Membuat Bunga Dari Bahan Kain Perca

Bunga dari Kain Perca

Bunga dari kain perca bisa menjadi hiasan indah serta bisa dijadikan sebagai hadiah atau souvenir. Untuk membuat bunga kain perca, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilihlah beberapa potongan kain perca dengan ukuran yang berbeda dan padu-padankan hingga tampak harmonis.
  2. Setelah itu, potong kain menjadi bentuk bulat. Gunakan kertas sebagai penggaris.
  3. Bentuk lingkaran tersebut menjadi bunga dengan cara menarik benang dari tengah bunga hingga kelopak mencapai ukuran yang diinginkan dan ligatkan benang tersebut.
  4. Buat daun untuk di satu sisi bunga. Potong kain menjadi bentuk daun. Jahitkan daun tersebut pada salah satu kelopak bunga.
  5. Terakhir, pasang magnet atau tempelkan kalung, agar bunga tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Hiasan Rumah Dari Bahan Kain Perca

Hiasan Rumah dari Kain Perca

Anda juga bisa mempercantik ruangan dengan hiasan rumah dari kain perca. Anda bisa menciptakan berbagai motif hiasan rumah seperti gantungan kunci, tirai, dan masih banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah membuat hiasan rumah dari bahan kain perca:

  1. Tentukan ide hiasan yang ingin dihasilkan. Pilih kain perca dengan motif atau warna yang sesuai dengan ide Anda.
  2. Buat desain pada selembar kertas dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Potong kain perca sesuai dengan bentuk desain yang sudah dibuat.
  4. Tempelkan bahan kain perca pada benda sesuai dengan desainawal, misalnya pada pita, majalah atau lainnya sesuai dengan ide yang ingin dihasilkan.
  5. Terakhir, gunakan benang untuk jahit seluruh kain perca dengan benang yang serasi dan ingin digunakan pada setiap tempat sesuai kebutuhan.

Demikian panduan membuat aneka kerajinan tangan dari bahan kain perca. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mencoba membuat berbagai kerajinan tangan dari bahan kain perca dan juga menjadi ide bisnis yang menjanjikan.



Post a Comment

Previous Post Next Post