Top News

Panduan Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Dan Profesional


Panduan Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Dan Profesional

Panduan Membuat Surat Lamaran Yang Menarik Dan Profesional

thumbnail

Menulis surat lamaran merupakan salah satu langkah awal untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran yang baik dan menarik akan membuat kamu lebih mudah diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Namun, seringkali beberapa orang merasa kesulitan untuk mengungkapkan kualifikasi dan kemampuan mereka dengan baik di surat lamaran.

Hal Penting Dalam Surat Lamaran

Agar surat lamaran yang kamu buat dapat menarik perhatian HRD, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal penting dalam berikut ini:

1. Bahasa

Pilihlah bahasa yang halus dan bijak ketika menulis surat lamaran. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu formal atau terlalu santai. Gunakan huruf kapital hanya pada kata-kata penting seperti nama, gelar, atau judul. Dan jangan lupa untuk menggunakan tanda baca dengan baik.

2. Konsep Pembukaan

Pembukaan surat lamaran harus menonjolkan unggulan dirimu agar HRD tertarik untuk membaca seluruh isi surat lamaran. Buatlah kalimat pembuka yang menarik, jangan lupa cantumkan posisi yang kamu lamar dan juga sumber informasi lowongan kerja tersebut.

3. Kepuasan HRD

Selain menunjukkan kualifikasi dan kemampuan, jangan lupa untuk menunjukkan apa yang dibutuhkan oleh HRD. Apa yang HRD cari harus dicantumkan dalam surat lamaranmu. Sehingga, perusahaan merasa bahwa semua harapannya terpenuhi.

4. Perhatian Pada Detail

Perhatikan kesalahan penulisan yang dapat membuat kesan buruk. Dahulukan untuk melakukan beberapa kali review bahasa dan ejaan pada surat lamaranmu.

5. Pertimbangkan Lay Out dan Struktur

Penting bagi kamu untuk mengetahui struktur surat lamaran yang baik. Kamu harus bisa memasukkan isian surat lamaran dengan benar dan jangan lupa untuk memberikan kelengkapan di dalam surat lamaranmu. Kamu juga harus memperhatikan tata letak agar surat lamaranmu terlihat rapi dan menarik.

Susunan Surat Lamaran yang Baik dan Benar

Setelah kamu memahami hal-hal penting dalam membuat surat lamaran, kamu juga harus memperhatikan susunan dalam surat lamaranmu agar HRD mudah untuk memahami informasi dari surat lamaran yang kamu ajukan.

1. Penyebutan Posisi

Pada bagian ini, jangan lupa untuk menyebutkan posisi yang kamu lamar pada perusahaan tersebut.

2. Kepribadian

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan diri kamu beserta pengalaman dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

3. Inovasi

Pada bagian ini, kamu bisa menunjukkan keberanian kamu dalam berinovasi agar bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan tersebut.

4. Menunjukkan Keahlian

Tuliskan keahlian yang kamu miliki dan dapat membantu menyelesaikan pekerjaan pada posisi yang kamu lamar.

5. Penutup

Ungkapkan keinginan kamu untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Nyatakan kesediaanmu untuk datang ke perusahaan dan melakukan wawancara. Tanda tangan dan tautan kontak dirimu, di akhir surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran

Sebagai gambaran dan referensi, berikut adalah contoh surat lamaran untuk kamu:

BagianContoh
Penyebutan PosisiBelum ada contoh
KepribadianBelum ada contoh
InovasiBelum ada contoh
Menunjukkan KeahlianBelum ada contoh
PenutupBelum ada contoh

Dan itulah panduan untuk membuat surat lamaran yang menarik dan profesional. Jangan pernah ragu untuk melakukan review berkali-kali untuk memastikan bahwa surat lamaranmu sudah sesuai dengan standar kesopanan dan tidak menebarkan kesan buruk. Sukses untuk mencari pekerjaan impianmu!



Post a Comment

Previous Post Next Post